Ciri Khusus Trenggiling dan Fungsinya

Trenggiling adalah salah satu binatang unik yang mengagumkan, dengan membahas ciri khusus trenggiling dan fungsinya ini maka kita dapat memahami dengan seksama tentang klasifikasi hewan trenggiling yang mungkin masih terasa asing di telinga kita. Hewan ini hanya ditemukan dalam hutan yang tidak banyak didatangi manusia, karena populasinya semakin berkurang maka akan semakin sulit untuk menemukanya.

Hidup di hutan tropis dataran rendah membuat binatang ini tidak berkembang dengan baik karena semakin jarang hutan yang ada di daerah dataran rendah saat ini. Dan sedikit spesies kadang terlihat di hutan pegunungan yang ada di pulau Jawa. Hewan ini banyak terdapat di Asia Tenggara terutama di daerah yang masih hutan yang masih subur.

Ciri Khusus Trenggiling

Treggiling bertahan hidup dengan memakan serangga kecil seperti rayap dan semut. Hewan ini menangkap mangsa yang ada didalam lubang dengan menjulurkan lidahnya yang panjang sehingga dapat mengambil makanan meskipun letaknya ada didaam lubang yang dalam.

Bentuk tubuh trenggiling bulat memanjang dengan ekor yang panjang pula, struktur kulit tubuh yang berupa sisik menjadikan lapisan ini sangat kuat sebagai pertahanan diri ketika ada ancaman dari luar. Hewan ini akan menggulungkan dirinya menjadi bulat seperti bola apabila ada gangguan, dan juga dapat mengibaskan ekornya untuk mengusir pengganggu tersebut.

Ciri ciri trenggiling khas yang dapat kita lihat antara lain:

  1. Dapat menggulung tubuhnya seperti bola untuk pertahanan diri
  2. Memiliki yang kuat untuk menarik mangsa
  3. Tidak memiliki sususan gigi, namun terdapat lidah yang panjang dan lengket untuk menarik makanan
  4. Memiliki sisik yang kuat dan tebal sebagai pelindung dirinya




Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment