Pengertian Kadar Air Tanah

Siklus air yang ada disekitar kita berasal dari air hujan yang awal mulanya adalah penguapan dari air laut, kemudian akan menjadi awan dan turun hujan sampai selanjutnya akan diserap oleh tanah dan mengalir kembali ke laut. Air yang ada didalam tanah ini dinamakan dengan air tanah yang akan menjadikan tanah disekitar tempat itu menjadi subur untuk tanaman dan makhluk hidup didekatnya. Pengertian kadar air tanah menurut para ahli akan menerangkan tentang satu definisi yang memberikan informasi seputar air tanah.

Pengertian Kadar Air Tanah

Selengkapnya mengenai definisi tersebut dapat dibaca pada petikan dibawah ini:

Kadar air tanah : perbandingan berat air yang terkandung dalam tanah dengan berat kering tanah tersebut.
Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah.

Menurut Daniel et al. (1979) penyerapan air oleh perakaran tergantung pada persediaan kelembaban air dalam tanah. Kapasitas simpanan tanah tergantung pada tekstur, kedalaman dan struktur tanah.

Lapisan tanah yang terdiri dari beberapa bagian memungkinkan terjadinya penyerapan air dari permukaan dan adanya sirkulasi air tanah yang berasal dari dataran tinggi menuju ke dataran yang lebih rendah hingga akhirnya sampai ke laut lepas. Pada saat kita menggali tanah di bagian yang banyak kadar air tanahnya maka akan mudah untuk mencapai lapisan air tersebut, seperti inilah prinsip orang dalam menggali sumur untuk menemukan sumber air bersih bagi kehidupan.





Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment