Penyebab Laptop HP G42 Cepat Panas

Notebook atau laptop HP G42 dengan banyak kelebihan dan keunggulannya memang tidak mengecewakan apabila kita gunakan untuk browsing, menulis, bahkan main game. Hal ini dikarenakan VGA Card-nya memang bagus dan support untuk HD video. Dengan kecepatan processor yang memadai, banyak yang memilih laptop HP sebagai alternatif pengganti PC ketika sedang diluar.

Penyebab Laptop HP G42 Cepat panas

Namun ternyata ada juga kelemahan dari laptop G42 ini, yaitu suara berisik dari dalam dan cepat sekali panas (overheat). Lantas apa penyebab laptop HP cepat panas tersebut, dan bagaimana cara memperbaiki yang benar? Karena spesifikasi laptop ini cukup tinggi, maka kadang dalam penggunaan yang lama dibutuhkan kipas eksternal atau external fan untuk membantu membuang panas dari dalam.

Panas yang dihasilkan oleh proccessor dan komponen lainnya seperti VGA card dan harddisk kalau terlalu berlebihan dan terjadi terus-menerus akan dapat menyebabkan kerusakan. Untuk itu sangat disarankan menambahkan cooling pad agar panas berkurang.

Namun kalau kipas eksternal tidak cukup, hal itu bisa saja karena memang ada masalah pada bagian dalam laptop. Yang paling sering adalah termal pasta pada processor sudah kering. Anda dapat menggantinya sendiri dengan membuka body laptop.

Untuk membuka keseluruhan bagian laptop perlu teliti dan hati-hati, hal ini mencegah jangan sampai terjadi kerusakan karena salah memasang atau membuka. Selain mengganti thermal paste, jangan lupa bersihkan pula kipas dan processor dari debu-debu yang menempel agar tidak menghambat sirkulasi udara dan pembuangan panas.



Artikel Terkait Tips Ringan

1 comment:

  1. mau tanya nih kalo pasta udah diganti fan jg udh dibersihin tp ttp cepet overheating itu kenapa ya ?

    ReplyDelete