Penyebab Gangguan Pada Telinga

Ada beberapa jenis penyebab gangguan pada telinga yang dapat kita temukan, karena telinga sifatnya adalah indera yang sangat sensitif maka sangat rentan akan adanya pengaruh dari luar yang menyebabkan penyakit telinga. Organ telinga dapat terganggu oleh banyak sebab, misalnya kemasuka semut, infeksi, atau kotoran yang menumpuk sehingga menyebabkan fungsi terlinga terganggu.

Diantara beberapa macam penyakit pada telinga dapat dilihat pada uraian dibawah, yang mana untuk mengetahui dengan pasti jenis dari penyakit tersebut diperlukan adanya pengecekan medis oleh ahlinya. Gangguan-gangguan tersebut memiliki istilah ilmiah tertentu yaitu Labirintitis, Motion Sickness, pekak atau tuli, dan juga penyakit akibat peradangan atau luka.

Gangguan Labirintitis, adalah kelainan yang terjadi pada bagian labirin dalam telinga kita. Penyebab utama gangguan ini karena adanya infeksi, alergi, atau gegar otak. Ciri ciri gangguan ini ditandai dengan mual, muntah, berdengung, dan pendengaran berkurang.

Gangguan Motion sickness, gangguan ini mempengaruhi fungsi keseimbangan, yang dapat menyebabkan pusing-pusing, mabuk, dan wajah menjadi pucat. Gangguan ini sering dinamakan dengan mabuk perjalanan.
Gangguan tuli, penyebab tuli atau tuna rungu ini dapat dikarenakan kotoran yang menumpuk pada saluran pendengaran, dan penyebab lainnya adalah karena sistem syaraf mengalami kerusakan.

Radang telinga (otitas media), gangguan yang terjadi karena adanya serangan virus dan bakteri. Gejalanya antara lain adalah demam, telinga sakit, pendengaran berkurang. Dalam kasus yang lebih parah telinga akan mengeluarkan nanah dan mem'ecahkakn gendang telinga.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment