Nama Alat Musik Tradisional Sumatera Utara dan Barat

Indonesia memiliki banyak budaya dan keragaman adat, sehingga banyak pula aneka seni tari, seni tradisional yang setiap daerah tentunya memiliki perbedaan. Salah satu hal kentara yang dapat kita lihat sebagai bukti keragaman di Indonesia adalah dari segi kesenian musik atau lagu-lagu daerah.

Dalam melantunkan lagu daerah tentunya menggunakan alat musik yang pada tiap daerah tidak sama baik nama dan bentuknya. Nah kali ini kita akan membahas seputar nama alat musik tradisional dari Sumatera Utara atau Sumut dan Sumatera Barat.

Meskipun sama-sama dari Pulau Sumatera, namun kedua provinsi tersebut memiliki perbedaan dari segi seni tradisional yaitu alat musik yang digunakan. Dari keduannya jelas terlihat betapa masih kentalnya nuansa daerah di masing-masing wilayah, yang mana hal tersebut patut kita syukuri dan lestarikan agar tidak semakin terkikis oleh perkembangan teknologi modern. Berikut ini nama nama alat musik dari kedua propinsi tersebut:

Provinsi Sumatera Utara / Sumut
Alat Musik Tradisional : Aramba, Doli-doli, Druri dana, Faritia, Garantung, Gonrang, Hapetan, 
Provinsi Sumatera Barat / Sumbar
Alat Musik Tradisional : Saluang, Talempong Pacik

Selain dua provinsi diatas, sebenarnya masih banyak lagi daerah lainnya di Indonesia yang memiliki alat musik, lagu daerah, dan kesenian lainnya yang tak kalah menarik. Misalnya di Pulau Jawa, Kalimantan, dan propinsi lainnya dibelahan negeri Nusantara ini,.





Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment