Benda yang Menyerap dan Memantulkan Bunyi

Bunyi merambat melalui udara dan mengenai benda-benda disekitarnya, contoh benda yang memantulkan bunyi ada banyak sekali. Hanya sebagian kecil yang akan kita bahas berikut ini mengenai apa saja benda-benda yang dapat menyerap bunyi dan sebaliknya.

Suara atau bunyi yang berasal dari sumber bunyi dapat merambat melalui media udara, apabila bunyi mengenai benda keras dan licin makan akan dipantulkan oleh benda tersebut. Sebaliknya bunyi akan diserap oleh benda dengan permukaan yang lunak.

Beberapa contoh benda yang dapat menjadi pemantul bunyi diantaranya adalah: permukaan dinding batu atau semen, besi, kaca, keramik, dan seng. Benda benda tersebut merupakan benda padat dengan konstruksi keras, dan bersifat memantulkan bunyi.

Sedangkan beberapa contoh benda disekitar kita yang menyerap bunyi antara lain: kain, karet, busa, gabus, karpet, dan wol. Benda benda ini juga disebut sebagai benda peredam bunyi, karena karakteristiknya yang menyerap bunyi.

Nah sekilas tadi tentang beberapa contoh benda yang ada disekitar kita tentang kaitannya dengan bunyi yang mengenainya. Semoga apa yang disampaikan dapat membantu sahabat semua.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

2 comments:

  1. Berarti, benda yang dapat menyerap bunyi itu lebih baik karet kan daripada seng?
    temanku ngotot banget kalo jwbannya SENG!!! tlong jawab!!

    ReplyDelete
  2. klo seng itu memantulkan klo karet untuk meredam bunyi.bhn utk menyerap bunyi itu spt karpet wol karung goni

    ReplyDelete