Pengertian pasar modern dan tradisional

Pengertian pasar modern dan pengertian pasar tradisional ini adalah tulisan yang akan membahas seputar apa itu pasar dari segi fasilitas dan kelengkapan serta cara berdagang yang digunakan dalam pasar tersebut. SEcara umum definisi dari pasar adalah tempat dimana penjual dan pembeli bertemu untuk melaksanakan transaksi jual-beli.

Sedangkan pasar tradisional adalah jenis pasar yang dalam pelaksanaannya masih dilakukan secara konvensional yaitu penjual dan pembeli bertemu secara langsung. Dalam pasar tradisional harga yang diberikan oleh penjual umumnya adalah harga yang masih dapat ditawar. Disinilah terjadi proses tawar menawar harga, yang kalau kesepakatan tercapai maka antara baru terjadi transakti.

Umumnya pasar tradisional masih menempati lokasi di pinggir jalan atau tempat yang ramai dengan para penjual dan pembeli. Barang barang yang tersedia di pasar tradisional misalnya barang kebutuhan sehari-hari, baju, dan lain sebagainya.

Pengertian pasar modern dan tradisional

Berbeda dengan pasar tradisional, pasar modern memiliki sistem transaksi yang berbeda. Umumnya harga yang ditawarkan sudah tertera pada barang yang akan dibeli, harga dapat dilihat pada barcode yang tertera pada barang. Contoh pasar modern dapat dtemukan pada swalayan dan minimarket, misalnya Indomart, Alfamart, Ramayana, Carrefour, dll.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment