Pengertian Lipatan Tegak dan Miring

Bumi kita terdiri dari macam-macam lapisan tanah juga patahan, dan pembahasan tentang pengertian lipatan rebah, menutup, sesar sungkup ini adalah salah satu materi yang akan mempelajari adanya hal unik yang terjadi didalam lapisan bumi tersebut. Seperti yang kita tahu kalau struktur bumi terdiri dari banyak jenis mteri penyusun, mulai dari materi batuan padat, tanah, dan air.

Nah yang dimaksud pengertian lipatan tegak adalah lipatan jenis lipatan tanah yang memiliki garis sumbu simetris atau sama besarnya antiklin dan sinklin. Selengkapnya silahkan perhatikan pada gambar dibawah.

Lipatan miring merupakan kebalikan dari lipatan tegak, yaitu dimana sumbu yang terbentuk adalah tidak simetris dan akan membentuk pola atau sudut tertentu.

Sedangkan lipatan rebah adalah jenis lipatan yang pada permukaannya terus menerus mengalami tekanan sehingga mengakibatkan bagian puncak semakin landai dan menyerupai rebahan.

Pengertian Lipatan

Demikian tadi beberapa penjelasan seputar lipatan yang semoga dapat membantu anda khususnya yang sedang mencari informasi terkait macam-macam lipatan yang terjadi didalam tanah. Artikel ini adalah kelanjutan dari tulisan tentang pemanfaatan komputer yang merupakan materi pendidikan dan pengetahuan umum yang dapat menambah wawasan kita bersama.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment