Pengertian: Apa Itu Buah Simalakama

Kalau anda sedang mencari apa itu buah simalakama maka kali ini kita akan coba membahas pengertian buah simalakama dan ciri khusus buah simalakama yang mungkin belum semua orang mengetahuinya. Sebenarnya nama 'buah simalakama' lebih sering digunakan untuk ungkapan dalam bahasa Indonesia, yang mana arti perumpamaan dari 'bagai makan buah simalakama' adalah sebuah kondisi dimana kita terjebak dalam keadaan yang serba salah. Ketika kita melangkah ke satu sisi maka akan menyalahi sesuatu, demikian pula sebaliknya.

buah simalakama, buah mahkota dewa

Nah dalam dunia nyata buah simalakama ini banyak yang mengaitkan dengan buah mahkota dewa yang mana memiliki ciri khas warna buahnya merah terang berbentuk bulat. Nama latin mahkota dewa yaitu Phaleria macrocarpa dikenal sebagai salah satu tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional.

Tumbuhan buah mahkota dewa memiliki daun meruncing dan buah yang bulat dengan semacam sabut kelapa pada bagian kulit buah. Rasa buah mahkota dewa ini pahit dan tidak enak, meskipun demikian memiliki manfaat yang banyak untuk pengobatan. Buah yang masih muda berwarna hijau terang, apabila buah tersebut sudah tua maka warnanya akan berubah menjadi merah.

Demikianlah sekilas tentang apa itu maksud buah simalakama yang ternyata merupakan nama lain dari buah mahkota dewa yang memiliki banyak khasiat. Disamping nama simalakama juga digunakan dalam istilah peribahasa sehari-hari.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment