Pengertian Pelayanan Prima

Memahami tentang apa pengertian pelayanan prima rasanya memang penting untuk kita, yang mana definisi dari pelayanan prima ini secara sederhana dapat diartikan sebagai pelayanan paling baik atau pelayanan terbaik yang dapat dilakukan mengikut standar pelayanan yang ada yang dipunyai oleh penyedia layanan tersebut.

Pengertian pelayanan prima menurut para ahli diartikan sebagai bentuk layanan yang paling baik yang ditujukan untuk pelanggan, dimana manajemen pelayana ini hendaknya tersusun dengan baik dan benar sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Pelayanan prima atau dalam bahasa Inggris diterjemahkan sebagai excellent service ini memiliki dua komponen penting yakni pelayanan dan kualitas.

Komponen penting yaitu pelayanan dan kualitas tersebut merupakan faktor yang harus diperhatikan oleh mereka penyedia layanan, misalnya pedagang, penjual, salesman, dan pelayan. Konsep pelayanan prima dapat diterapkan pada banyak hal, mulai dari lembaga pemerintahan, perusahaan, organisasi, instansi pemerintah, dll.

Beberapa faktor penting atau unsur pendukung adanya pelayanan prima antara lain adalah seperti berikut:

  1. Pelayanan yang terbaik dari pemerintah kepada pelanggan atau pengguna jasa.
  2. Pelayanan prima ada bila ada standar pelayanan.
  3. Pelanggan adalah masyarakat dalam arti luas; masyarakat eksternal dan internal.


Memahami uraian diatas kita dapat mengetahui bahwa pengertian pelayanan prima merupakan satu hal yang dapat dilakukan oleh penyedia layanan dengan kemampuannya secara maksimal untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment