Contoh Tumbuhan Biji Terbuka dan Tertutup

Banyak jenis tanaman dapat kita temui disekitar kita, sebagai contoh tumbuhan biji terbuka dan tertutup adalah yang akan kita ulas kali ini. Karena saking banyaknya kadang ada tumbuhan yang tidak dikenal namanya, umumnya yang seperti ini adalah golongan biji-bijian.

Kalau melihat dari ciri khusus pada tumbuh-tumbuhan tersebut dapat kita teliti dari karakteristik biji dan buahnya. Beberapa tanaman mungkin memiliki daging buah, dan bijinya ditutupi oleh buah tersebut. Namun ada pula pohon tanaman yang bijinya terletak diluar dan dapat dilihat dengan jelas.

Tumbuhan Biji Terbuka

Sebagai contoh tumbuhan biji terbuka adalah melinjo atau naman latin-nya Gnetum gnemon. Sejak calon buah melinjo masih kecil, terlihat dengan begitu jelasnya kalau bijinya terbuka tidak tertutup oleh daging buah. Tanaman lainnya yaitu pinus, yang sama juga bijinya terletak pada bagian luar dari buahnya.

Nah, kalau mencari tumbuhan lain yang memiliki biji berada dalam daging buah rasanya tidak akan kebingunan karena ada begitu banyak sekali sehingga tidak akan cukup kalau disebutkan disini. Sebagai contoh dapat dilihat pada mangga, apel, jeruk, rambutan, dll.

Kiranya sekian dahulu pembahasan tentang biji-bijian yang tergolong dalam taman bermanfaat ini. Ada banyak kegunaan lain dari kita menanam tanaman tersebut, selain sebagai tanaman pangan, pohon yang rindang juga merupakan ekosistem yang sangat bagus bagi menjaga lingkungan tetap hijau dan udara yang segar tetap terpelihara.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

2 comments: