Contoh Naskah Teks Berita Televisi Singkat

Mengenal cara membuat naskah berita untuk acara TV merupakan hal yang tidak mudah, juga contoh teks berita televisi singkat yang kita susun belum tentu dapat memberikan pemahaman yang tepat sasaran kepada para pemirsa. Karena menyampaikan berita di televisi tidak sama dengan membaca tulisan biasa atau acara lainnya, selain gaya bahasa formal juga diperlukan talenta khusus agar apa yang hendak kita sampaikan kepada publik dapat mengena.

Banyak yang bingung tentang penyusunan contoh naskah berita TV tentang korban bencana alam misalnya banjir, tanah longsor atau topik lainnya. Kalau melihat pada tata bahasa yang digunakan, dalam menyampaikan apa yang menjadi inti dari kabar berita tersebut sebenarnya tidaklah rumit, hanya saja alur dan cara berbicara kepada orang banyak mungkin tidak semua orang dapat melakukannya.

Berikut ini salah satu format berita TV singkat yang mungkin mirip dengan acara Liputan 6 SCTV, TVRI, Seputar Indonesia RCTI, Trans TV, Trans 7, Metro TV TV One, atau stasiun televisi lainnya.

Bencana Tanah Longsor di Kampung Baru

Selamat malam pemirsa, kembali lagi bersama saya Sastro Wijoyo yang akan menyampaikan beragam topik aktual seputar Indonesia hari ini, tepatnya pada hari Selasa Pahing 23 Desember 3019. Baiklah, langsung saja kita menuju berita yang pertama yaitu tentang bencana tanah longsor di Kampung Baru.

Sekitar pukul 04.30 dini hari warga Kampung Baru dikejutkan oleh runtuhnya sebuah bukit di ikuti suara gemuruh longsoran tanah yang membuat warga panik. Kejadian itu diduga akibat dari hujan yang mengguyur wilayah tersebut sejak Senin Sore. Sampai detik ini tidak ada laporan adanya korban jiwa dari bencana tersebut, meskipun demikian kerugian yang terjadi diperkirakan tak kurang dari 40 juta, yang kebanyakan berupa rusaknya bangunan dan rumah-rumah warga.

Demikian tadi berita tentang tanah longsor di Kampung Baru yang masih terus kami ikuti perkembangan terbaru dari peristiwa tersebut. Kita akan beralih pada berita yang kedua yaitu tentang bencana banjir di daerah Suka Maju, selengkapnya mengenai berita tersebut akan kita simak setelah pesan-pesan berikut ini.





Artikel Terkait Sekedar Berbagi

3 comments: