Dibawah ini dijelaskan mengenai faktor-faktor yang harus dipertimbangkan di dalam memilih media dakwah. Hal-hal yang menjadi pertimbangan disaat memilih media dakwah adalah:
1. Tujuan dakwah yang hendak dicapai
a) Sesuaikah dengan tujuan yang hendak di capai ?
b) Dapatkah tujuan dakwah tercapai dengan efektif dan efisien jika menggunakan media dakwah tersebut ?
2. Materi Dakwah
Sesuaikah dengan bahan dakwah yang akan disampaikan?
3. Sasaran Dakwah
a) Apakah dengan media itu, orang mudah menerimanya?
b) Apakah penggunaan media sesuai dengan kemampuannya?
c) Apakah sesuai dengan kondisi daerahnya?
d) Apakah dengan media itu sesuai dengan pola berfikirnya?
4. Kemampuan Da'i
Mampukah menggunakan media itu?
5. Ketersediaan Media
a) Mudahkah mencari media yang dipilihnya?
b) Adakah biaya untuk mengadakannya?
6. Kualitas Media
a) Bagaimana kualitas media itu?
b) Bagaimana keberhasilan itu, dalam pengalaman lampau?
Hal-hal yang perlu diperhatikan pada waktu memilih media dakwah :
a) Tidak ada satu mediapun yang paling baik untuk keseluruhan masalah atau tujuan dakwah. Sebab setiap media memiliki karakteristik (kelebihan, kelemahan, dan keserasian) yang berbeda- beda.
b) Media yang dipilih sesuai dengan tujuan dakwah yang hendak dicapai
c) Media yang dipilih sesuai dengan kemampuan sasaran dakwahnya
d) Media yang dipilih sesuai dengan sifat materi dakwahnya.
e) Pemilihan media hendaknya dilakukan dengan cara obyektif. Artinya pemilihan media bukan atas dasar kesukaan da'i.
Prinsip- prinsip yang dapat digunakan sebagai pedoman umum dalam mempergunakan media dakwah adalah:
a) Penggunaan Media Dakwah bukan dimaksudkan untuk mengganti pekerjaan da'i atau mengurangi peranan da'i
b) Tiada media satupun yang harus dipakai dengan meniadakan media yang lain.
c) Setiap media memiliki kelebihan dan kelemahan
d) Setiap hendak menggunakan media harus benar-benar dipersiapkan atau diperkirakan apa yang dilakukan sebelum, selama dan sesudahnya
No comments:
Post a Comment