Dakwah adalah suatu proses yang kompleks dan unik. Kompleks artinya di dalam proses dakwah mengikut sertakan keseluruhan aspek kepribadian, baik bersifat jasmani maupun rohani. Sedangkan unik artinya didalam proses dakwah sebagai objek dakwahnya terdiri dari berbagai macam perbedaan, sperti berbeda dalam kemampuan, kehendak, sifat, kebudayaan, ideologi, filsafat dan sebagainya. Proses dakwah tersebut agar mencapai tujuan yang efektif dan efesien, da'i harus mengorganisir komponen-komponen (unsur) dakwah secara baik dan tepat. Salah satu komponen adalah media dakwah.
Media dan sarana dakwah merupakan elemen yang penting dalam totalitas dakwah. Kemajuan teknologi informasi dan juga globalisasi sekarang ini seolah-olah menjadiakn seluruh dunia menjadi satu kampong saja. Perpindahan informasi dari satu benua ke benua lainnya dapat terjadi dalam kurun waktu yang sangat cepat, dalam hitungan menit, bahkan detik saja. Hal ini menjadikan seseorang yang sedak berbicara di Mesir umpamanya dapat didengar, dilihat, dan dipantau dari segala penjuru dunia. Padahal sebelumnya, ketika seorang da’i atau mubaligh sedang berbicara di masjid, mungkin jama’ah yang hadir, tidak semuanya dapat mendengar, atau bahkan melihat wajah pembicaranya.
Pemanfaatan kemajuan media teknologi informasi baik cetak maupun elektronik sangat menentukan efektifitas dakwah, baik dilihat dari aspek luasnya jangkauan wilayah dakwah maupun dari aspek daya komunikasinya.
No comments:
Post a Comment