1. Kanvas dan sepatu rem
Kanvas terpasang pada sepatu rem dengan cara dikeling yang berfungsi menekan putaran tromol rem pada saat kendaraan dihentikan.
2. Tromol Rem
Fungsinya sebagai penahan putaran pada saat proses penggerakan berlangsung. komponen rem tromol yang satu ini merupakan bagian yang paling penting dari rem tromol.
3. Silinder Roda
Terdiri dari bodi dan piston, berfungdsi untuk menekan sepatu rem ke tromol rem didalam silinder roda terpasang satu atau dua buah piston beserta seal tergantung pada konstruksinya adapun cara kerjanya adalah:
Bila pedal rem diinjak tekanan minyak rem dari master silinder disalurkan kesemua wheel silinder menekan pistn kearah luar ke brake shoe / sepatu rem . Bila dilepas maka brake shoe kembali keposisi semula kare ditari pegas.
4. Piston
Fungsinya sebagai tenaga penggerak kedua kanvas rem karena terjadi pada master silinder yang diteruskan ke silinder roda dan tekanan tersebut dilanjutkan oleh piston menekan masing-masing sepatu rem.
5. Baut Penyetel
Fungsinya menyetal kerenggangan kanvas rem dengan tromol rem dengan cara memutar ke kiri atau ke kanan baut penyetel.
6. Pegas Pengembali
Berfungsi untuk mengembalikan kanvas rem dan piston ke posisi semula setelah melakukan pengereman.
7. Bleeder Plug
Berfungsi untuk mengeluarkan udara yang terdapat pada pipa.
8. Backing Plate
Berfungsi sebagai tumpuan untuk menekan putaran drum sekaligus sebagai dudukan silinder roda.
9. Pedal Rember
Berfungsi sebagai pijakan awal untuk mengoprasikan rem.
10. Master Silnder
Berfungsi untuk menampung minyak rem sekaligus mengalirkan minyak rem.
11. Pipa
Berfungsi untuk mengalirkan minyak rem bertekanan tinggi dari master silinder ke silinder roda.
Thnks brooow
ReplyDeleteSungguh membantu