Pengertian Resistor Variabel [Potensio]

Apa itu pengertian resistor variabel? Resistor variabel sering pula disebut dengan potensio atau potensiometer. Resistor variabel adalah komponen elektronika yang merupakan sebuah tahanan atau hambatan yang nilai dari hambatan tersebut dapat dirubah-rubah dengan variabel yang terdapat pada komponen tersebut.

Fungsi potensio sendiri adalah sebagai media penghambat arus atau tegangan yang dapat diterapkan dalam berbagai keperluan dalam rangkaian elektronika. Potensiometer merupakan salah satu jenis dari komponen resistor, ada pula jenis resistor yang nilai hambatannya tetap atau tidak dapat dirubah. Lebih lengkapnya tentang macam jenis resistor ini akan kita ulas dilain kesempatan.

Resistor Variabel [Potensio]

Mengenai potensiometer sendiri terdapat beberapa bentuk dan macamnya, misalnya potensiometer standar yang biasa digunakan untuk perangkat audio yaitu tombol volume pada radio, TV, dll. Ada pula resistor variabel mini yang biasa disebut trimpot.

Nilai tahanan atau rentang hambatan pada resistor variable tertulis pada badan resistor tersebut, misalnya nilainya 100K, 50K, 10K, dll.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment