Cara Menanam Ketela Pohon yang Baik

Ketela pohon atau singkong adalah makanan pangan pengganti beras yang sangat bagus karena mengandung banyak karbohidrat dan kalori, cara menanam ketela pohon yang baik adalah dengan menerapkan metode stek batang atau menyambung yang dapat dipelajari dengan tahapan seksama.

Teknik menanam ketela pohon sebenarnya tidak ada hal khusus yang diharuskan, yang terpenting adalah waktu yang tepat dalam nenanam batang ketela tersebut. Karena kalau waktu tidak tepat maka bibit ketela tersebut tidak akan tumbuh dengan baik. Bagi para petani, hujan pertama digunakan untuk menabur benih padi, kadang, dan lain-lain. Dan setelah hujan beberapa minggu baru diteruskan dengan menanam ketela pohon.

Batang ketela pohon dapat disimpan dalam jangka waktu cukup lama, biasanya dari musim kemarau sampai tiba musim hujan batang tersebut masih cukup bagus. Cara penyimpanannya adalah dengan diletakkan terbalik, tujuannya agar tidak tumbuh akar dan tidak dimakan rayap.

Cara Menanam Ketela Pohon yang Baik

Dalam menanam ketela pohon hendaknya batang yang segar dan steknya tidak rusak adalah yang dipilih, kemudian dipotong-potong dalam ukuran yang telah ditentukan. Setelah itu membuat pola atau garis garis untuk menanam secara teratur sehingga jaraknya tidak terlalu dekat namun juga tidak terlalu berjauhan.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memelihara ketela pohon adalah proses pemberian pupuk, yang terbaik adalah pupuk kandang atau pupuk kompos. Hingga masa panen tiba, biasanya ketela pohon akan menghasilkan umbi yang cukup besar untuk dipanen dan dijual.





Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment