Begini Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Magnet

Berbagai kajian seputar cara menghilangkan sifat kemagnetan dilakukan untuk memenuhi rasa penasaran sebagian orang yang ingin tahu seperti apa langkah membuat sifat elektromagnetik dari sebuah magnet menjadi hilang. Dalam hal ini jenis magnet sendiri dibedakan menjadi dua, yang akan kita bahas secara mendalam pada artikel berikut. Tentu tidak mudah ketika kita hendak memahami keadaan tersebut degan seksama karena tidak semua orang dapat memahami seperti apa langkah membuat magnet dan menghilangkan sifat magnet tersebut tentunya dengan cara yang benar dan tidak menyalahi aturan. Dengan berbagai macam percobaan mungkin tidak akan menimbulkan hasil yang maksimal seperti keinginan, namun setidaknya dapat mencerminkan seperti apa keadaan tersebut pada akhirnya karena dengan adanya keinginan untuk menghilangkan perasaan tersebut tentu tidak terlepas dari apa yang kita sangka sebelumnya.

Suatu benda dikatakan sebagai sebuah magnet atau magnit apabila benda tersebut mempunyai medan magnet, sehingga pengertian magnet kalau dijabarkan adalah sebuah benda dengan medan magnet yang mengelilinginya. Pola arah medan magnet sendiri bermacam-macam dan akan mempengaruhi keadaan disekitar magnet tersebut karena itu maka sudah pasti akan dapat menarik benda logam misalnya besi yang berdekatan dengannya. Kekuatan sebuah magnet berbeda-beda tergantung besar kecil medan magnet yang dimiliki, dalam hal ini kita tidak dapat menentukan sendiri seperti apa medan tersebut kecuali dengan melakukan pekerjaan dan percobaan secara berlanjut sampai menemukan pola yang tepat untuk menentukan besaran medan magnet yang paling sesuai.

Jenis-jenis magnet:

  1. Magnet tetap
  2. Magnet tidak tetap


Sebuah magnet dikatakan merupakan magnet tetap apabila medan magnet yang timbul tidak memerlukan bantuan tenaga atau perantara lain untuk menghasilkannya. Dalam hal ini tentunya sebelum menjadi sebuah magnet, logam tersebut harus melalui proses pembuatan yang akan menjadikannya sebuah magnet tetap. Magnet tetap tidak memerlukan arus listrik atau aliran tegangan untuk menciptakan medan magnet, namun dapat memiliki sifat kemagnetan yang sangat awet dan tidak mudah hilang meskipun melewati beberapa percobaan.

Sedangkan jenis magnet yang kedua adalah magnet tidak tetap, dengan kata lain magnet jenis ini memerlukan arus listrik supaya tercipta medan magnet dengan kekuatan tertentu. Sehingga penggunaan kumparan dan inti besi sebagai magnet buatan mutlak diperlukan sebagai syarat terciptanya medan magnet dalam rangkaian tersebut. Magnet buatan sering disebut juga sebagai elektromagnet. Untuk membuat sebuah benda logam menjadi magnet, maka diperlukan jumlah lilitan dengan arah dan kuantitas tertentu sehingga dapat menghasilkan energi magnetik seperti yang di inginkan, dalam hal ini harus memenuhi beberapa rumus yang telah ditentukan sebelumnya.

Untuk menghilangkan sifat kemagnetan, dilakukan dengan cara:

  1. Dibakar.
  2. Dibanting-banting.
  3. Dipukul-pukul
  4. Meletakkan magnet pada kumparan rapat yang dialiri arus bolak-balik (AC)




Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment