Tips Menyimpan Jus Agar Awet Tidak Cepat Rusak

Tentu sudah sering kita membuat jus buah atau minuman rasa buah dengan menggunakan blender untuk melembutkan serat buah tersebut. Memang minuman seperti ini sangat banyak bagi kesehatan karena kaya akan serat alami yang berasal dari buah-buahan segar tersebut, namun kendala dari minuman tersebut adalah kurang dapat digunakan kembali dalam waktu lama karena memang tidak diproses menggunakan bahan pengawet.

Untuk membuat jus sehari beberapa kali tentu akan membuat kita sibuk dan kurang praktis, padahal keperluan akan minuman juice ini karena menjadi alasan pokok ketika sedang dalam keadaan tertentu yang sangat memerlukannya. Misalnya, ketika kita sedang minum obat, ada orang tertentu yang sangat kesulitan ketika hendak mengkonsumsi obat sehingga harus memanfaatkan jus buah untuk membantu minum resepnya tersebut.

Kalau sudah begitu, tentu harus membuat jus sebanyak 2-3 kali seperti resep yang diberikan dokter. Hal ini jelas tidak praktis dan akan membuat kita boros buah, listrik, juga tenaga. Langkah paling tepat adalah dengan membuat supaya minuman tersebut dapat digunakan kembali untuk waktu yang ditentukan, misalnya ketika membuatnya pagi hari maka diharapkan untuk minum siang dan malam masih dapat digunakan.

Caranya, silakan apabila habis membuat minuman jus buah kemudian ingin diminum kembali lain waktu, maka cukup menaruhnya pada botol atau wadah bersih yang kemudian ditutup rapat untuk menghindari adanya debu dan kotoran masuk. Kemudian tempatkan minuman tersebut pada lemari es bagian bawah yang tidak terlalu dingin, dengan cara ini jus buah tersebut masih dapat diminum kembali sore atau malam hari sehingga kita tidak terlalu repot untuk membuat jus tiap kali akan minum obat.

Sebenarnya cara diatas sangat simpel dan tidak perlu diterangkan dengan panjang lebar pasti akan dengan mudah memahaminya. Yang perlu diperhatikan adalah, meskipun ketika ditaruh pada kulkas minuman tersebut dapat lebih awet namun sebaiknya penggunaannya tidak lebih dari satu hari untuk mencegah hilangnya vitamin dalam minuman tersebut karena sudah terlalu lama di diamkan.

Kalau kita merasa minuman tersebut sudah tidak layak konsumsi maka alangkah baiknya kalau membuatnya kembali dengan buah segar sehingga akan mendapatkan kandungan vitamin dari buah tersebut untuk kebaikan tubuh kita. Dengan begitu tidak akan ada ruginya membuat jus banyak kali, minimal sehari satu kali dan sisanya masih dapat disimpan dalam kulkas.



Artikel Terkait Tips Ringan

No comments:

Post a Comment