Arti Suara Burung Prenjak

Arti Suara Burung Prenjak

Meneruskan tulisan beberapa waktu lalu tentang arti suara gagak maka kali ini akan kita bahas mengenai apa arti suara burung prenjak yang sering berbunyi dekat dengan pekarangan rumah atau disekitar kita. Umumnya bunyi prenjak akan terdengar nyaring dipagi hari menjelang siang yang akan membuat kita nyaman dengan kicauan burung tersebut.

Ternyata bunyi burung prenjak yang terjadi pada waktu tertentu mempunyai makna yang berbeda kalau dilihat dari mitos Jawa. Mulai dari suara dipag hari, siang hari, dan sore hari mempunyai maksud yang tidak sama. Berikut ini beberapa hal yang menjadi pengelompokan suara prenjak dan artinya:

1. Suara burung prenjak yang terdengar disekitar rumah pada waktu sebelum jam 12 siang, maknanya kita akan kedatangan tamu atau kunjungan dari saudara yang lebih tua dengan membawa kabar baik

2. Suara burung prenjak setelah siang sekitar jam 14.00 merupakan pertanda kalau kita akan kedatangan tamu rekan kerja atau saudara yang lebih muda dengan membawa kabar baik

Nah demikianlah yang menjadi mitos dan terus berkembang di masyarakat Jawa kalau ada burung prenjak berbunyi terus-menerus atau manggung disekitar pekarangan rumah maka dapat dipastikan rumah tersebut akan kedatangan tamu. Hal ini sudah menjadi kepercayaan mulai dari kakek-nenek di zaman dahulu.



Artikel Terkait Tips Ringan

No comments:

Post a Comment