Contoh Dataran Rendah dan Tinggi di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki bermacam keadaan alam, beberapa contoh dataran rendah di Indonesia berikut ini mungkin hanya sebagian kecil pembahasan tentang negeri nusantara yang memiliki banyak panorama alam yang indah. Dari beberapa tempat yang ada di Indonesia dapat dikategorikan sebagai dataran tinggi maupun daratan rendah, tergantung kondisi lingkungan, dan lokasi dari daerah tersebut.

Dataran rendah di Indonesia dapat ditemui disepanjang pulau Sumatera, pulau yang memiliki sumber daya alam sangat besar ini menduduki sebagai salah satu dataran rendah yang masih perlu digali dari segi potensi alam. Tak heran kalau sekarang digalakkan program transmigrasi untuk memanfaatkan hasil bumi yang melimpah didaerah tersebut.

Beberapa contoh dataran rendah yang ada di Indonesia antara lain ialah: Sumatera, Bali, surabaya, dan daerah lain yang berada dipesisir laut.

Sedangkan daerah-daerah yang memiliki ketinggian melebihi daerah lain juga banyak ditemukan di Indonesia. Umumnya, daerah ini ditandai dengan adanya pegunungan atau lokasi yang berbatu terjal, dengan iklim lebih dingin dari daerah lain.

Contoh dataran tinggi di negara ini antara lain:  Dataran tinggi Dieng, Dataran tinggi Gayo, puncak menorah, dan tempat-tempat lainnya.

Nah demikianlah sekilas tentang dimana saja daerah-daerah Indonesia yang memiliki dataran lebuih rendah serta wilayah lainnya dengan dataran tingginya.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

1 comment: