Bentuk dan Sifat Media Sarana Dakwah

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang macam jenis media dan sarana dakwah. Untuk lebih spesifik lagi, macam-macam media dan sarana dakwah dapat dikelompokkan bedasarkan bentuk dan juga sifat-sifatnya, yaitu:

Bentuk

a. Audio : yaitu alat-alat yang digunakan sebagai media atau sarana dakwah yang bentuknya berupa bunyi. Sehingga tersampainya materi dakwah kepada mad’u melalui perantara suara atau bunyi. Contohnya: radio, tape recorder, MP3, dll.

b. Visual : yaitu alat-alat yang digunakan sebagai media atau sarana dakwah yang berbentuk visual atau terlihat. Mad’u mendapatkan materi dakwah melalui penglihatannya. Contohnya: buku, power point, majalah, surat kabar, dll.

c. Audio Visual: yaitu alat-alat yang digunakan dalam menyampaikan dakwah melibatkan penglihatan dan juga pendengaran mad’u. Contohnya: Televisi, MP4, Film, video, dll.

Sifat

a. Tradisional : media atau sarana dakwah yang digunakan oleh da’i yaitu alat-alat yang masih sangat kental akan nilai tradisi atau budaya. Contohnya: masjid, buku, sarana hiburan yang memiliki sifat komunikatif, seperti seni ketoprak, gamelan, karawitan, wayang, seni teater, dan sebagainya.

b. Modern : media atau sarana yang digunakan oleh da’i yaitu alat-alat yang sifatnya modern ataupun berbau teknologi. Contohnya: televisi, internet, LCD, Projector, dll.

Setelah memahami apa saja macam-macam media dan sarana dakwah, lalu apakah manfaat media dan saran dakwah tersebut? Berikut uraiannya:

  1. Membuat materi dakwah disampaikan dan diterima oleh mad’u dengan lebih mudah.
  2. Membuat materi dakwah dapat disampaikan dengan lebih murah.
  3. Membuat materi dakwah dapat disampaikan dengan lebih cepat.
  4. Membuat materi dakwah dapat disampaikan dan diterima secara menarik.
  5. Membuat dakwah berlangsung dengan lancar.
  6. Membuat dakwah berlangsung dengan nyaman.
  7. Membuat proses dakwah menjadi efektif dan efisien.




Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment