Jenis Tumbuhan Daerah Tropis

Di daerah tropis, ada banyak aneka jenis tumbuhan daerah tropis yang dapat hidup pada daerah ini, karena daerah dengan iklim tropis merupakan lingkungan yang subur dan cukup baik untuk tanaman berkembang dan tumbuh bebas. Dalam lingkungan tropis seperti Indonesia, terdapat hutan tropis basah yang memiliki beragam tanaman dengan kesuburan tinggi.

Diantara jenis pohon yang dapat tumbuh didaerah tropis dikenal mulai pohon hutan dengan tinggi mulai dari 5-15 meter, yang termasuk dalam pohon kecil, hingga pohon dengan ketinggian mencapai 30 meter atau lebih.

Macam pohon yang tumbuh tersebut umumnya adalah tanamna dikotil dengan dahan yang tinggi dan batang pohon dapat mencapai diameter hingga puluhan sentimeter. Pohon-pohon ini memiliki peranan penting dalam menjaga kesuburan tanah, sirkulasi air tanah dan udara yang segar.

Tumbuhan lain yang hidup di daerah tropis ialah tumbuhan semak, yang mana terdapat banyak jenis tanaman semak didaratan Indonesia dengan keanekaragaman jenis dan karakteristiknya.

Selain pohon dan tanaman semak, terdapat pula tumbuhan parasit yang mana akan menjadi benalu bagi tumbuhan lainnya. Tumbuhan ini hidup menumpang dan menyerap sari-sari makanan dari tumbuhan lain.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment