Ciri Ciri Khusus Semut

Berikut ini diantara ciri khusus semut rangrang dan juga jenis semut lainnya yang diringkas dari Wikipedia dan sumber lain di internet yang merupakan kelanjutan artikel pengetahuan yang sebelumnya tentang jenis binatang reptil. Semut adalahu serangga kecil yang terdapat dibanyak tempat dalam lingkungan hidup kita. Serangga semut ini ada banyak macam dan jenis spesiesnya, mulai dari semut rangrang, semut madu, semut dengan bentuk tubuh yang kecil hingga besar.

Ciri Ciri Khusus Semut

Dari banyaknya jenis semut yang ada, ada beberapa ciri khas semut yang tidak sama dengan serangga lainnya. Hal ini juga merupakan keunikan dan ciri khusus yang membedakan semut dengan binatang kecil lainnya.

Diantara ciri ciri semut antara lain:

  1. Sistem pernafasan yang tidak menggunakan paru-paru, namun terdapat pada lubang-lubang udara yang terdapat pada bagian da da dari serangga ini.
  2. Tidak terdapat sistem peredaran dar4h tertutup, namun memiliki aorta punggung yang merupakan lapisan tipis memanjang pada bagian atas tubuh semut dan berfungsi sebagai pengatur sirkulasi dar4h.
  3. Memiliki 3 pasang kaki dengan cakar kecil yang memiliki fungsi untuk memanjat dan mencengk3ram.
  4. Pada bagian perut terdapat cairan ber4cun yang terhubung dengan semacam sengat yang berada pada bagian ekor. Fungsinya adalah untuk melumpuhkan hewan lain terutama pemangsa. Namun tidak semua spesies semut memiliki sengat.




Artikel Terkait Sekedar Berbagi

3 comments:

  1. darah bukan dar4ah :v

    ReplyDelete
  2. admin nya alay, huruf 'e' jd '3' huruf a jadi 4 :v piece._.v just kidding =D

    ReplyDelete