Ciri Khusus Cicak

Kali ini kita akan membahas tentang ciri ciri cicak sebagai binatang yang unik, kenapa saya sebut unik? Karena cecak hidup menempel di dinding, mencari makan disana, dan yang dia makan rata-rata adalah serangga kecil yang memiliki sayap, sedangkan ciri khusus cicak hanya mampu merayap pada dinding.

Kalau kita melihat cicak merayap di dinding, kenapa dai mampu berjalan pada tembok dan tidak jatuh? Ternyata inilah salah satu ciri khusus yang dimiliki hewan cicak, yaitu pada telapak kaki yang mempunyai semacam kekuatan perekat.

pada telapak kaki cicak terdapat kurang lebih 500 ribu bulu halus yang kuat, yang mengandung senyawa keratin seperti yang terdapat pada rambut manusia. Bulu halus pada telapak kaki cicak ini panjangnya bervariasi, mulai dari 30 sampai 130 mikrometer, dengan ketebalan sepersepuluh tebal rambut manusia.Ujung bulu halus ini masih terbagi lagi menjadi bagian-bagian dengan bentuk menyerupai sendok teh.


Nah, ciri khusus cicak yang lainnya adalah pada ekornya yang dapat tumbuh lagi meskipun sudah tanggal/ patah. Pada ekor cicak mampu melakukan regenerasi atau pulih kembali setelah ekor lepas. Fungsi dari ekor yang dapat tanggal ini adalah untuk mengelabuhi binatang pemangsa yang akan memakan cicak, sehingga perhatiannya akan teralihkan pada ekor yang jatuh dan masih bergerak-gerak.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment