Macam-Macam Jenis Layanan internet

Saat ini, internet sudah bukan hal yang tabu lagi di setiap kalangan masyarakat. Bagi orang yang sudah mengenal internet, tentunya ia akan susah menjalani kehidupan jika harus tanpa internet. Terang saja, informasi apa saja dapat kita peroleh dengan mengakses internet. Banyak sekali hal-hal yang dapat dilakukan saat menjelajahi internet seperti streaming youtube, skype, social networking dan masih banyak lagi layanan internet yang sangat bermanfaat.


Berikut adalah macam-macam layanan internet


e-mail atau Electronic mail
E-mail atau surat elektronik merupakan layanan pertama sekaligus layanan internet dengan pengguna terbanyak baik di Indonesia maupun di dunia. Keunggulan dari layanan e-mail ini adalah tidak ada batasan waktu dalam mengirim surat elektronik. Surat dapat dikirim kapan saja dan dimana saja. Dan yang paling penting, surat elektronik tetap dapat terkirim walaupun orang yang dituju sedang tidak online. Tidak hanya surat yang bisa dikirim dalam layanan ini, akan tetapi photo, suara bahkan video pun juga bisa. Dan tentunya pengiriman surat melalui e-mail tak perlu menunggu beberapa hari melainkan hanya hitugan menit saja dan dengan gratis tentunya. Beberapa contoh e-mail gratis adalah Yaho, Gmail dan Hotmail.

Mailing list atau grup diskusi
Mailing list adalah sebuah forum diskusi antar pemilik e-mail di internet. Materi diskusi biasanya adalah berita-berita terkini yang akan dikirim secara otomatis ke seluruh anggota yang sudah terdaftar sebagai anggota diskusi. Semua anggota dapat saling berdiskusi tanpa harus terikat dengan ruang dan waktu karena diskusi bisa berlangsung setiap hari tanpa harus saling bertatap muka. Yahoo Groups adalah penyedia mailing list terpopuler saat ini.

E-banking
E-banking adalah layanan internet yang digunakan oleh hampir semua bank pemerintahan maupun swasta yang ditujukan untuk semua nasabahnya. Keunggulan dari E-banking ini adalah setiap nasabah dapat melakukan transaksi atau transfer tanpa harus datang ke bank atau ATM karena layanan internet E-banking dapat dilakukan kapan dan dimana saja.

File transfer protocol (FTP)
FTP merupakan salah satu layanan internet yang bertujuan untuk melakukan transfer dan menerima data antar computer dengan banyak server di internet. Dengan adanya FTP, setiap orang bisa dengan mudah mengirim dan menerima surat dari orang lain yang berada di belahan bumi manapun asalkan didukung dengan jaringan internet

Internet Relay Chat (IRC)
Siapa sih yang tak kenal dengan istilah chatting. Jadi, IRC ini adalah sebuah fasilitas chatting yang sudah ada sebelum munculnya berbagai macam social media seperti Facebook, Yahoo Messenger, dan lain-lain. Ada sedikit perbedaan antara IRC dengan berbagai social media yang ada, yaitu pada IRC, percakapan hanya dalam bentuk teks saja, tidak ada gambar atau emoticon seperti yang ada pada Facebook dan Yahoo Mesengger.

World Wide Web (WWW) atau Web
Web atau WWW adalah sebuah layanan internet yang paling dikenal oleh masyarakat luas. WWW memberikan berbagai fasilitas informasi yang berupa teks, gambar, animasi, atau bahkan suara. WWW ini dapat diakses melalui berbagai browser seperti Mozila Firefox, Opera, dan Chrome. Sedangkan situs WWW yang paling sering diakses adalah Facebook, Twitter, Youtube, Google dan masih banyak lagi.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment