Inilah Perbedaan Mengapa Bayangan disebut Maya dan Nyata

Dalam dunia fisika kita mengenal adanya istilah pengertian bayangan maya dan bayangan nyata, dan diantara kedua bayangan ini terdapat perbedaan yang menyebabkan keduanya memiliki sifat masing-masing. Kedua jenis bayangan ini akan memberikan penjelasan yang berbeda karena posisi dari kedua bayangan tersebut berbeda letaknya.

Pada bayangan nyata maka letak bayangan tersebut adalah berada di depan cermin, atau dengan kata lain bayangan nyata adalah bayangan yang dapat ditanggap oleh layar, atau disebut juga dengan istilah bayangan inti. Sebagai contoh adalah ketika kita berdiri dibawah sinar matahari maka akan menghasilkan bayangan yang jelas dibawah kita.

Contoh lainnya adalah dengan lampu senter yang mengeluarkan sinar terang dengan cahaya inti dari senter tersebut disebut bayangan nyata, sedangkan sinar yang menyebar di luar sinar inti adala bayangan maya.

Nah kebalikan dari bayangan nyata,  maka pengertian bayangan maya adalah sebuah bayangan yang terjadi dibelakang cermin atau tidak dapat disentuh. Misalnya adalah bayangan yang terjadi di dalam komputer yang hanya dapat kita lihat saja.

Dengan kata lain bayangan maya adalah bayangan yang berada di dalam cermin ketika kita berhadapan dengan cermin, maka di dalam cermin tersebut ada bayangan kita. Namun setelah kita ukur jarak yang sama dibelakang cermin tersebut ternyata tdak ada apa apa.



Artikel Terkait Sekedar Berbagi

No comments:

Post a Comment